Custom Search

Sabtu, 26 Juli 2008

Kebiasaan berkembang biak ikan mas

2. Kebiasaan berkembang biak

Seperti halnya ikan lain yang tergolong keluarga Cyprinidae, ikan mas sama sekali tidak mempunyai naluri untuk merawat atau melindungi keturunannya. Oleh karena itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangbiakannya menjadi tanggung jawab pemilik sekaligus pengusahanya.
Ikan mas mempunyai telur yang merekat atau dengan kata lain sifat telurnya adhesif atau menempel. Kebiasaan sebelum melakukan pemijahan di alam adalah mencari tempat yang rimbun dengan tanaman air atau rumput-rumputan yang menutupi permukaan perairan. Ikan yang telah dewasa kan sangat mudah menemukan tempat yang dibutuhkan untuk melekatkan telurnya.


Oleh karena kebiasaannya ini, orang.Jerman selalu menanami kolam pemijahan ikan mas dengan rumput-rumputan yang tinggi di tengah kolam. Ada yang menanam rumput-rumputan setengah dari kolam pemijahan, keseluruhan, atau ada juga yang menanaminya pada bagian
tengahnya. Ada juga yang mempergunakan tanaman air yang mengapung seperti enceng gondok, yang berakar panjang dan rimbun.

Sifat merekat telur ikan mas ini disebabkan adanya lapisan globulins. Telur ikan mas yang sudah melekat pada ijuk (kakaban) tidak akan jatuh meskipun tertimpa aliran air yang agak kencang. Bila dipaksakan lepas dari ijuk maka telur akan rusak.

Di alam, ikan ini berpijah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. namun, ada beberapa pendapat yang mengatakan biasanya pernijahan terjadi sepanjang musim penghujan saja. Mungkin pendapat ini benar, bila melihat kebiasaan petani ikan yang mengawinkan ikan mas ini
dengan manipulasi lingkungan terlebih dahulu.

Kematangan kelamin pada ikan jantan biasanya lebih dahulu dari ikan betina. Oleh karenan itu, sering ditemukan para petani yang mengawinkan ikan mas dengan betina berukuran 2 atau 3 kg dengan jantan yang hanya 1/2 kg.

Ikan jantan mempunyai kemampuan menghasilkan sperma pada umur yang relatif muda, yaitu sekitar 6 bulan. Sementara ikan betina barubisa matang kelamin setelah berumur lebih dari 6 bulan, tergantung pada strain atau varietasnya.

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers