Custom Search

Sabtu, 26 Juli 2008

Kebiasaan Hidup ikan mas


B. Kebiasaan Hidup di Alam


Di alam, ikan mas hidup di tempat yang dangkal dengan arus air yang tidak begitu deras, baik itu merupakan sungai, danau, maupun pada genangan air lainnya.
Ini karper (mas) ini hanya akan tumbuh baik pada tempat dengan ketinggian antara 150-1.000 m dpl. Suhu air optimal yang baik untuk pertumbuhan badannya antara 20-250 C, sedangkan pH air yang cocok dan dikehendakinya berada antara 7-8.
Kecepatan tumbuh ikan mas ini di kolam biasanya (stagnant water) adalah 3 cm setiap bulannya.





1. Kebiasaan makan


Biasanya, petani ikan lebih menyukai memberikan pakan tambahan terhadap ikan mas berupa dedak atau pelet. Padahal, ikan ini tergolong ikan pemakan segala (omnivora). Hal ini bisa dibuktikan dengan pemberian pakan dari sisa-sisa dapur atau tanaman air yang lunak. Biasanya, benih ikan mas akan. memakan Protozoa dan Crustacea. Benih yang berukuran lo cm memakan jasad dasar seperti Chironomidae, Oligochaete, Epemenidae, Trichoptera, Tubificidae, Mulusca, dan lain sebagainya. Jasad-jasad tersebut dimakan bersama-sama dengan tanaman air yang membusuk dan bahan-bahan organik lainnya.


Ikan mas dewasa dan induk sering merusak pematang kolam,terutama dasarnya. Ini karena kebiasaan makan ikan mas yang sering
mengaduk-aduk dasar kolam, termasuk dasar pematang untuk mencari jasad-jasad organik. Kebiasaan mengaduk-aduk dasar kolam ini men­jadikannya mendapat julukan bottom feeder atau pemakan dasar.


Menurut beberapa pengamat, kebiasaan buruk ikan mas ternyata menguntungkan pertumbuhan benih-benih yang masih lemah, terutama benih yang dirawat atau dipelihara bersama-sama ikan dewasa. Penyebabnya, dengan aktivitas ikan mas dewasa atau induk, jasad-jasad di dasar kolam teraduk ke atas. Dengan demikian, akan memudahkan benih­benih yang kecil untuk memakannya tanpa bersusah payah berenang ke dalam kolam yang dalam.
Adapula keburukan lainnya dari ikan mas. Ikan ini bukan tergolong ikan yang suka merawat anak-anaknya. Jadi, ada kemungkinan anak­anaknya ikut terisap oleh ikan dewasa.


Di alam, danau, atau sungai tempat hidupnya, ikan ini hidup menepi sambil mengincar pakan berupa binatang kecil yang hidup di atas lapisan Lumpur tepi danau atau sungai. Berdasarkan kebiasaan makan ini, tentunya akan lebih mudah mendalami kemauan sang ikan dan kemam­puan pengusaha ikan di kolam pekarangan untuk dapat berproduksi semaksimal mungkin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets