Custom Search

Rabu, 17 September 2008

fungsi vitamin pada pakan ikan

Vitamin.


Vitamin diperlukan dalam jumlah yang relatif sedikit, terutama untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tubuh ikan. Ditinjau dari sifat-sifat fisiknya, vitamin dapat dibagi ke dalam dua golongan yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air antara lain tiamin (vitamin B), riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B6), biotin, dan kobalamin (vitamin B 2), dan lain-lain.

Vitamin yang larut dalam lemak antara lain retinol (vitamin A), kolekalsiferol atau ergokalsiferol (vitamin D), alfa tokoferol (vitamin E), dan menadion ',vitamin K).
Vitamin B1 B6, dan B12 berfungsi untuk menunjang pertum­buhan serta dapat merangsang nafsu makan, sedangkan vitamin B2 berperan dalam pertumbuhan dan pertukaran zat-zat makanan (seper­ti karbohidrat, lemak, dan protein) dari set-sel dalam tubuh ikan serta untuk proses reproduksi.

Vitamin A berfungsi untuk menunjang kesehatan mata, sedangkan vitamin D dibutuhkan untuk proses metabolisme dari mineral (terutama kalsium dan fosfor). Vitamin E berpengaruh terhadap pergerakan ikan maupun dalam proses repro­duksi, sedangkan vitamin K berpengaruh dalam proses pembekuan darah.

Sumber : Ir. M. Firdaus SAhwan, M.M. 2001.

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers