Custom Search

Selasa, 17 Februari 2009

BUDIDAYA IKAN NILA GIFT (Oreochromis niloticus bleeker)

BUDIDAYA IKAN NILA GIFT
(Oreochromis niloticus bleeker)


1. PENDAHULUAN
Ikan Nila GIFT (Oreochromis niloticus bleeker) merupakan jenis ikan air tawar yang mudah dikembangbiakan dan toleransinya yang tinggi terhadap perubahan lingkungan maupun kemudahan pemeliharaannya. Rasanya cukup gurih dan d i gemari masvarakat Indonesia.

jenis Ikan Nila diantaranya Citralada, tralada, lokal dan Nila GIFT yang masuk ke Indonesia pada tahun 1984 dan 1996 dari ICLARAM Philipina melalui Balai Penelitian Perikanan Air Tawar (Balitkanwar).

Teknik pembesaran Ikan Nila terapannya sangat mudah dilakukan sekali, baik dilakukan. skala rumah tangga atau skala besar (perusahaan). Tempatnya pun dapat dilaksanakan pada kolam tanah, kolam tembok dan Keramba jaring Apung (KJA).

Untuk pemasarannya sangat luas baik dalam negeri maupun luar negeri (ekspor) seperti masyarakat Jepang dan Singapura, terutama ukuran yang berat badannya di atas 500 gram. Bagi konsumsi dalam negeri akan banyak menunjang usaha perbaikan gizi keluarga.

Dilihat dari prospeknya, baik dalam maupun luar negeri sangat menjanjikan, sehingga perlu langkah yang pasti untuk meningkatkan produksi agar kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri dapat terpenuhi.



PEMBESARAN IKAN NILA GIFT

Teknik pembesaran Ikan Nila GIFT terapannya ada. 3 (tiga) macam, yaitu :

A. Monoculture (Pemeliharaan Tunggal).

Luas lahan kolam pembesaran bervariasi, tergantung lahan yang tersedia. Dapat berupa kolam tanah, kolam. berdinding tembok, Kolam Air Deras (KAD) dan Keramba Jaring, Apung (KJA).

Air yang digunakan untuk pemeliharaan harus bebas polusi baik yang berasal dari limbah industri, pertanian maupun Limbah rumah tinggal. Debit air 1- 5 It/ detik untuk luas selahan 100 m2.


B. Polyculture (Pemeliharaan Campuran dengan Ikan lain).

Pemeliharaan Ikan Nila dapat juga dilakukan secara polyculture (campuran) dengan jenis ikan lain, syaratnya ikan yang dimasukkan tidak merupakan pesaing (kompetitor) atau pemangsa (predator) bagi ikan Nila. jenis serta prosentase masing-masing ikan dapat dilihat pada tabel di bawah ini :









C. Terpadu Longyam(BalongAyam) dan Unggas lainnya.

Untuk meningkatkan produksi, pemeliharaan Ikan Nila dapat dilakukan bersama dengan pemeliharaan unggas. Berdasarkan dari pengalaman yang sudah banyak dilakukan, pemeliharaan Ikan Nila yang menguntungkan bila dipadukan dengan ayam petelur.


3. PERSIAPAN KOLAM

Persiapan Kolam pemeliharaan Ikan Nila meliputi :
a. Pengeringan kolam;
b. Perbaikan pematang, saluran pemasukkan dan pengeluaran;
c. Pengapuran dengan ukuran 25-1000 gram/m2;
d. Pemupukan dengan pupuk kandang 500 gram/ M2, urea 15 gram/ m2 dan TSP gram/ m2.;
e. Pengisian air kolam;
f. Dapat dilakukan penyemprotan dengan pestisida;
g. Untuk mencegah h.ewan/ ikan lain masuk, maka dapat dipasang saringan pada pintu masuk air;
h. Masukkan air sampai kedalaman 80 - 150 cm, kemudian tutup pintu pemasukkan dan pengeluarannya, biarkan air tergenang;
i. Penebaran Ikan Nila dilakukan setelah 5 - 7 hari pengisian air kolam.


4. PENEBARAN BENIN IKAN NILA

Ukuran benih Ikan Nila yang disebarkan berukuran 8 - 12 cm atau ukuran berat 30 gram/ ekor dengan padat tebar 5 - 10 ekor/ m2 serta lama pemeliharaan, 6 bulan hingga ukuran berat Ikan Nila mencapai 400 - 600 gram/ekor. Atau juga, untuk padat penebaran benih Ikan Nila dapat dilihat di bawah ini :











5. PEMBERIAN MAKANAN
Komposisi makanan yang diberikan untuk Ikan Nila selain makanan alami dapat diberikan makanan tambahan. yang diusahakan secara intensif, yaitu berupa dedak, ampas kelapa, pellet atau sisa-sisa makanan dapur.

• Pada dasarnya pemberian pakan terdiri dari:
• Protein 20-30%;
• Lemak 70% (maksimal.);
• Karbohidrat 63 - 73%.
• Pakanyaberupa hijau-hijauan diantaranya adalah :
• Kaliandra;
• Kalikina atau kecubung;
• Kipat,
• Kihujan.


6. PENYAKIT

Penyakit Ikan Nila yang, paling serius adalah yang disebabkan oleh lingkungan dan keadaan yang tidak menyenangkan, seperti terlalu padat, kekurangan makanan, penanganan yang kurang baik dsb. Penanggulangan yang paling baik dan efektif dengan cara memberikan kondisi yang lebih baik pada kolam ikan tersebut.

Sekali kolam ikan terlanda penyakit yang, serius biasanya terlambat untuk melakukan tindakan apapun. Penyembuhan dengan memberikan antibiotic atau fungisida ke seluruh kolam memerlukan biaya yang cukup mahal.

Oleh karma itu melakukan pencegahan akan lebih murah dibandingkan dengan melakukan pengobatan, yaitu dengan jalan lain melakukan pengeringan pada kolam dan melakukan penyiapan dari permulaan.


7. PEMANENAN

Setelah masa pemeliharaan 4 - 6 bulan, Ikan Nila dapat dipanen. Pada saat panen total ukuran ikan bervariasi di atas 50 gram/ ekor.

Sistem pemanenan dapat juga dilakukan secara bertahap, dimana hanya dipilih ukuran konsumsi (pasar). Pada tahap pertama dengan menggunakan jaring dan setiap bulan berikutnya secara bertahap.

Teknik memanen yang paling mudah dan murah dengan cara mengeringkan kolam secara total atau sebagian. Bila ikan dipanen secara keseluruhan, maka kolam dikeringkan sama sekali. Akan tetapi apabila akan memanen sekaligus maka hanya sebagian air yang dibuang.

Selama panen air segar perlu dialirkan ke dalam kolam untuk mencegah agar ikan tidak banyak yang mati. Ikan akan berkumpul di bak-bak (kubangan) penangkapan atau dalam saluran, kemudian diserok/ditangkap.

Setelah panen selesai, kolam pemeliharaan dikeringkan dan dilakukan persiapan kembali untuk pemeliharaan berikutnya.

sumber : Dinas Perikanan Provinsi Jabar, 2008




cetak halaman ini

16 komentar:

  1. Halo boleh tahu tentang kelayakan usaha ikan nila ini? Berapa total biaya produksi, berapa kilogram menghabiskan pakan sampai panen, dll

    terima kasih

    BalasHapus
  2. *** Nila & bawal 3cm dirawat 14 hari sebesar umur 2 bulan

    Kali ini pupuk ajaib Super Aqua Culture ( khusus untuk ikan ) membuktikan keampuhannya.Salah satu binaan kami memelihara ikan nila dan bawal dari benih 3 cm,setelah dipelihara 14 hari dengan diberi makan ampas tahu dengan dicampur larutan pupuk ajaib Super Aqua Culture menjadi besar seperti umur 2 bulan.Sampai-sampai Dinas setempat datang untuk melihat.

    http://organik-ajaib.blogspot.com
    sms:085781785140

    BalasHapus
  3. artikel yang bagus

    BalasHapus
  4. Terima kasih informasinya......

    BalasHapus
  5. aku juga punya kolam ikan nila di belakang rumah..

    BalasHapus
  6. hrga pnjualnnya brpa???

    BalasHapus
  7. UD. NABILA FARM

    Kami petani nila dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual dan bibit ikan nila berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit ikan nila yang kami hasilkan adalah bibit nila berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit nila hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Jenis : Nila Merah Super, Gesit, Nirwana, GMT dan GIFT
    Sistem pengairan : Air mengalir (makin deras makin baik)
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Mata air / irigasi
    Kolam : Tembok / semen
    Pakan : Plankton dan pellet 781-2
    Kedalaman : 70 - 100 cm
    Kepadatan : 60 – 80ekor / m2
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    Larva : 50.000.
    2-3cm : 6.000
    3-5cm : 5.000.
    4-6cm : 4.000.
    5-7cm : 3.000
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545 atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)

    BalasHapus
  8. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan air tawar dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman, menyediakan segala macam bibit ikan air tawar unggul dan bermutu tinggi. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
    Bibit yang kami hasilkan adalah bibit berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Komoditas : PATIN, BAWAL, MAS, TAWES, GRASCAP, NILA, GURAMI
    Sistem : Intensif
    Pengangkutan : Dikemas plastic polyteline dalam kotak styrofoam penahan panas
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia

    KAPASITAS PENGIRIMAN / BOX :
    BAWAL ukuran ¾ inci = 7000 ekor, 1 inci = 6000 ekor, 1 inci up = 5000 ekor
    PATIN ukuran 1 inci – 1 inci up = 6000 - 7000 ekor
    IKAN MAS ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5000 ekor, 3-5 = 4000 ekor
    TAWES ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    GRASKAP ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    NILA ukuran larva = 50.000, 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor
    GURAMI ukuran telur = 50.000, 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5500 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor, 5-7 = 3000 ekor, Jempol = 1250 ekor
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

    Informasi harga murah berkwalitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.abenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman - Yogyakarta (10 meter selatan dealer Honda AHASS)
    Datang…Lihat dan tentukan yang terbaik bagi anda.

    BalasHapus
  9. specialis guramih di jogjakarta http://argomino.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Bapak saya punya kolam ikan berukuran kurang lbh 1 Ha, tp bkn kolam budidaya ikan, melainkan usaha kolam pancing. saya sgt tertarik untuk memulai usaha budidaya ikan air tawar mis, lele, nila atau yang lain yg biaya produksi murah dan gampang. tolong info yg lengkap ya untuk pemula seperti saya

    BalasHapus
  11. terima kasih banyak dengan artikelnya kebetulan ingin ternak ikan nila

    BalasHapus
  12. iya terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  13. kira-kira tempat budidaya dimana nih gan ?

    BalasHapus
  14. utk 1000 ekor, pakan habis berapa?

    BalasHapus
  15. untuk menghitung pakan dihitung dari berat total seluruh jml ikan dikali konversi pakan 3- 5 % per hari

    BalasHapus

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets