Custom Search

Minggu, 28 Juni 2009

Jenis - Jenis ikan Patin

Jenis-jenis Patin (Pangasius spp)
di Pasar Global

Kelompok catfish terdiri dari beberapa jenis antara lain patin (Pangasius spp), lele (Clarias spp), Silurus spp, Ictalurus spp dan manyung. Diantara catfish air tawar, patin merupakan satu-satunya yang berwarna putih dan relatif mudah dalam proses pembudidayaannya. Patin sendiri mempunyai banyak jenis terutama yang hidup di perairan umum. Di Indonesia saja, sedikitnya ada 13 jenis dan banyak dijumpai di pasar lokal dalam volume yang terbatas karena sepenuhnya hasil tangkapan alam dan belum semuanya bernilai ekonomis penting secara nasional.


Jenis-jenis patin alam yang dijual di pasar lokal antara lain pedado, juaro, lubuk, kiper dan kunyit.
Bicara masalah patin di pasar dunia, tak bisa tidak kita harus melongok Vietnam yang kini telah menjadi pemasok patin terbesar di dunia dan sekaligus pendikte pasar global.
Di Vietnam, terdapat 3 jenis patin yang telah dibudidayakan secara industri yaitu Pangasius bocourti (nama lokal basa), R hypophthalmus (nama lokal tra) mayoritas dan P. sutchi (sutchi). China juga telah mengembangkan budidaya patin tetapi pada umumnya jenis R sutchi dan sebagian R hypophthalmus. Di Indonesia, budidaya patin mayoritas menggunakan jenis Pangasius hypophthalmus/P. siam, sedikit jenis P djambal dan jenis baru hasil silangan yaitu Patin pasupati. Namun, jenis yang terakhir tersebut belum dilakukan secara massal.


Patin Vietnam diekspor mayoritas dalam bentuk fillet beku dan telah dipasarkan ke lebih dari 1oo negara. Nama dagang yang diusung di pasar internasional bervariasi mulai dari Vietnamese catfish, Pangasius, Panga, Basa, Sutchi hingga Dory. Anehnya yang masuk ke Indonesia juga populer dengan nama Dory untuk patin Vietnam atau ada juga yang menyebut Dory Sutchi yang meskipun berasal dari China tetap saja disebut sebagai patin Vietnam. Tahun 2009 Vietnam menargetkan produksi patin mencapai 13 - 1,5 juta ton dan sampai dengan tahun 2010 diperkirakan pertumbuhan produksinya sekitar 9 - 11%. Filet patin Vietnam cukup kompetitif di pasar internasional dengan kisaran harga USD 3.00 - 3.2o/kg.

sumber : Warta Pasar Ikan, Dir. Pemasaran Dalam Negeri, Ditjen P2HP, DKP,2009

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers