Custom Search

Rabu, 19 Agustus 2009

Jenis - jenis Gurami

Jenis - jenis Gurami

Menurut warna tubuhnya, gurami digolongkan ke dalam tiga jenis, yaitu gurami hitam, gurami putih, dan gurami belang. Dalam perkembangannya, gurami putih dikenal sebagai gurami berwarna tubuh terang Sementara gurami hitam dan belang-belang digolongkan kedalam gurami erwarna tubuh gelap atau abu-abu. Sementara itu,
berdasarkan bentuk tubuh dan warnanya, dikenal beberapa jenis gurami sebagai berikut :


1. Gurami angsa

Bentuk tubuh gurami yang di daerah Sunda disebut dengan gurami soang ini relatif panjang, mencapai 65 cm. Berat tubuhnya mencapai 6 - 12 kg per ekor atau rata-rata 8 kg per ekor.Warna tubuhnya abu-abu dengan sisik yang relatif lebar. Produktivitas telur gurami angsa tergolong cukup banyak. Di Tasikmalaya dan sekitarnya,gurami jenis ini juga dikenal sebagai gurami galunggung.


2. Gurami jepang
Ada yang menyebut gurami ini dengan panggilan gurami jepun. Panjang tubuhnya lebih pendek dibanding dengan gurami angsa. Warna tubuhnya abu-abu kemerahan, terutama di ujung sirip-siripnya. Bentuk sisiknya kecil. beratnya mencapai 3,5 kg dengan panjang sekitar 45 cm

3. gurami Blausafir
Ciri fisik gurami ini hampir sama dengan gurami jenis lain, hanya saja warna tubuhnya merah muda cerah. Berat maksimum mencapai 2 kg per ekor. Produktifitas telur mencapai 5.000-7.000 butir.

4. Gurami Paris
Tubuh gurami ini berwarna merah muda cerah, tetapi kepalanya berwarna putih.Terdapat bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya. Berat maksimum mencapai 1,5 kilogram. Produktivitas telurnya mencapai 5.000-6.000 butir,

5. Gurami Porselen
Tubuh gurami ini berwarna, merah muda cerah. Ukuran kepalanya relatif kecil. Gurami porselin unggul dalam menghasilkan telur, mencapai 10.000 butir setiap kali pemijahan. Karena itu, gurami ini paling dicari oleh para pembenih sebagai gurami unggul. Berat induknya mencapai 1,5-2 kg.

6. Gurami Bastar
Tubuh gurami ini berwarna, agak kehitaman, tetapi kepalanya berwarna putih. Bentuk sisik besar-besar. Laju pertumbuhannya tergolong cepat, tetapi produktivitas telurnya hanya 2.000-3.000 butir setiap kali pemijahan.

7. Gurami Kapas
Tubuh gurami ini berwarna putih keperakan mirip kapas. Bentuk sisiknya besar. Benih gurami kapas tergolong cepat tumbuh, beratnya mencapai 1 kg per ekor dalam waktu sekitar 13 bulan sejalk menetas. Produktivitas telur mencapai 3.000 butir setiap kali pemijahan.

8. Gurami Batu
Tubuh gurami ini berwarna hitam. Sisiknya kasar. Pertumbuhannya tergolong lambat dibandingkan dengan jenis lain. Beratnya hanya mencapai 0,5 kg dalam waktu 13 bulan sejak menetas.

sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers