Custom Search

Kamis, 10 September 2009

pembesaran ikan mas

pembesaran ikan mas

Pembesaran merupakan usaha pemeliharaan benih berukuran 5-8 cm yang berasal dari kolam pendederan. Kegiatan ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Pembesaran ikan mas biasa dilakukan selama 3-4 bulan, tergantung ukuran ikan yang menjadi tujuan panen. Lokasi pembesaran secara intensif dapat dilakukan di dua tempat, yaitu di jaring apung dan di kolam air deras. Sementara itu, pembesaran secara tradisional dan semi-intensif dapat dilakukan di kolam-kolam biasa.

selama pembesaran, ikan diberi pakan tambahan berupa pelet dengan kandungan protein sebesar 30% agar pertumbuhan ikan sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan sifatnya ada dua jenis pelet yang dijual dipasaran yaitu pelet terapung dan pelet yang melayang atau tenggelam.

namun pelet yang umum diberikan oleh para petani adalah pelet yang melayang atau terapung. Pelet diberikan sebanyak 3-5% per hari dari berat total ikan mas yang dipelihara. Pakan diberikan pada pagi, siang, dan sore hari dengan cara menebarkan sedikit demi sedikit kepada ikan yang muncul di permukaan air.

Apabila pemberian pakan dilakukan sekaligus, dikhawatirkan pakan akan jatuh ke dasar perairan.

sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers