Custom Search

Jumat, 25 September 2009

Pendederan Lele Dumbo

Pendederan

Pendederan adalah pemeliharaan benih lele dumbo yang berasal dari
hasil pemijahan untuk dipelihara dalam jangka waktu tertentu hingga siap dibesarkan di kolam pembesaran. Pendederan dapat dilakukan di bak tembok, kolam tanah, atau jaring apung. Kegiatan pendederan meliputi persiapan kolam, penebaran benih, pemberian pakan, pengontrolan, pengendalian hama dan penyakit serta pemanenan hasil. Pendederan lele dumbo dilakukan dalam dua tahap yaitu pendederan I dan pendederan II.


Pendederan I adalah pemeliharaan benih berukuran 1-3 cm selama 30-45 hari untuk memperoleh lele dumbo berukuran 5-8 cm per ekor. Pada pendederan 1, benih diberi pakan berupa pelet dalam bentuk tepung sebanyak 3-5% dari berat total benih yang dipelihara.

Pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari, pada pagi, sore, dan malam hari. Pakan disebar merata ke kolam agar semua benih mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh pakan.
P
endederan II adalah pemeliharaan hasil panen pendederan I (ukuran 5-8 cm per ekor) selama 30 hari sehingga diperoleh lele dumbo berukuran 8-12 cm per ekor. Pada pendederan II, pakan yang diberikan berupa pelet hancuran (crumble), sebanyak 3-5% dari berat total benih yang dipelihara. Pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari pada pagi, sore, dan malam hari. Pakan disebar merata agar semua benih mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh pakan.
sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers