Custom Search

Kamis, 03 September 2009

Sejarah dan asal usul ikan mas

Sejarah dan Asal Usul

Banyak cerita mengenai asal-usul ikan mas. Ada yang mengatakan ikan ini berasal dari Sungai Danube dan Laut Hitam, tetapi ada juga
mengatakan berasal dari Cina dan Rusia. Di Indonesia, menurut Ardiwinata (1971) ikan mas mulai dikenal pertama kali di daerah Galuh (ciamis) jawa Barat, sekitar tahun 1810. Namun, para petani baru mulai memelihara sekitar tahun 1860 dan semenjak itu berkembang ke daerah lain di jawa barat.

sejak permulaan abad keduapuluh, budi daya ikan mas yang
silakukan di kolam dan di sawah mulai berkembang ke beberapa
daerah di luar pulau jawa. Di Bukittinggi (Sumatera Barat), ikan mas
didatangkan pada tahun 1892 dan mulai berkembang pada tahun
1903. di Padangsidempuan (Sumatera Utara), ikan mas didatangkan pada tahun 1903.

Di Medan, ikan mas didatangkan pada tahun 1905. Di Sulawesi, ikan mas didatangkan di Tondano (Sulawesi Utara) pada tahun 1895. Di Manado, ikan mas didatangkan pada tahun 1905. Di Sulawesi Selatan, ikan mas mulai dipelihara di sawah pada tahun 1936. Di pulau Flores, ikan mas didatangkan pertama kali pada tahun 1932. Sementara, itu, di pulau Bali, ikan mas pertama kali didatangkan pada tahun 1903, tetapi budi dayanya di sawah baru dimulai pada tahun 1931.

Penyebaran ikan mas yang begitu cepat ke berbagai tempat d Indonesia didukung oleh cara pembudidayaannya yang cukup mudah dan sifatnya yang tahan terhadap berbagai macam bentuk lingkungan Karena itu, banyak peternak yang tertarik membudidayakannya.
sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets