Custom Search

Senin, 01 Februari 2010

budidaya cacing tanah untuk pakan belut

budidaya cacing tanah untuk pakan belut

cacing tanah
cacing tanah termasuk pakan alami bagi belut yang mudah dan cepat dibudidayakan. Di alam, hewan yang memiliki nama latin Lumbricus rubellus ini hidup di tanah berhumus. biasanya di tempat pembuangan sampah yang lembap. Hewan ini Hidup di dalam tanah atau di bawah tumpukan sampah.

sebenarnya cacing tanah bisa dikembangkan dengan cara sebagai berikut :
1. Siapkan tempat berupa kotak kayu atau terpal berukuran 0,5 x 0,5 meter yang di bagian pinggirnya diberi penyangga bambu.
2. Siapkan media pemeliharaan cacing tanah, yakni kotoran sapi secukupnya, sisa sayuran yang telah membusuk, tanah, dan serbuk gergaji. Hindari memasukkan bahan-bahan seperti kulit jeruk atau bawang merah ke dalam media pembesaran cacing. Kotoran sapi yang baik untuk digunakan pada budi daya cacing tanah adalah kotoran yang masih berada dalam perutsapi. Kotoran ini bisa didapatkan di tempat pemotongan hewan.
3. Campur semua bahan menjadi satu, lalu masukkan ke dalam wadah pemeliharaan cacing.
4. Masukkan bibit cacing, banyaknya sekitar 1 ons (100 gram). Dalam waktu sekitar 1-2 minggu cacing sudah berkembang biak dalam jumlah banyak. Agar tidak menumpuk, cacing yang akan diberikan sebagai pakan sebaiknya dipisahkan.
sumber : Drs. Ruslan Roy, MM dan Bagus Harianto, Agromedia Pustaka, 2009
cetak halaman ini

6 komentar:

  1. makasih infonya bro,lengkap banget tentang budidaya belut.
    ijin copas bro.

    BalasHapus
  2. bro tolong saya kan bukan orang cacing (tanpa-an ya), tolong kirim foto cacingnya ke mastekop@yahoo.co.id ya. buat ngasih makan belut.

    BalasHapus
  3. bro aku juga pengen tau gambar-gambar tempat cacingnya.kirim ke ibrahymzen@yahoo.co.id ya.biar aku lebih paham.

    BalasHapus
  4. aku jg penegen liat gambar kotak cacingnya cz masih bingung ngebayanginnya minta tlong di e mail ke yuliana.darlianti@gmail.com ya, trims bnyk...

    BalasHapus

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets