Custom Search

Jumat, 05 Maret 2010

Manfaat dan Khasiat Teripang

Teripang merupakan hewan laut yang mempunyai beberapa kelebihan dan bermanfaat dalam menyembuhkan beragam penyakit.

Menurut ahli nutrisi dari Malaysia Walter Kee Mun Yee, mengatakan bahwa di dalam teripang mengandung kolagen, MPS (mucopolusacarida), DHA (Docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid).

MPS pada teripang dalam bentuk kondritin sulfas bermanfaat dalam memulihkan sendi dan membangun jaringan tulang rawan. Senyawa itu juga memberikan pelendiran pada dinding sel.

Sedangkan EPA dan DHA, disebut omega 3—merupakan asam lemak rantai panjang. DHA dan EPA ini banyak ditemukan pada binatang laut.

Menurut ahli gizi, Dr Uken Soetrisno, DHA dan EPA pada teripang ini berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan simpul - simpul saraf atau ganglion.

menurut dr. Luki Kartadinata DHA dan EPA bermanfaat dalam pertumbuhan otak dan melancarkan peredaran darah,"


fungsi lain dari senyawa aktif itu menurut dr Imelda Retno Purwanti EPA dan Omega 3 sebagai pelarut kolesterol, terutama yaitu LDL (dikenal sebagai kolesterol jahat). Apabila tidak diterapi kolesterol tinggi pada manusia bisa menvebabkan penyakit jantung.


Menurut dr Zen Djaja MD ekstrak teripang sangat baik diberikan kepada wanita hamil, bukan anak-anak. "pada beberapa penelitian spesifik, DHA ini tidak terlalu berkhasiat ketika bayi sudah lahir (DHA)

Tetapi kalau menurut, Dr Uken Soetrisno mengatakan, selain kepada wanita hamil, DHA ini baik diberikan kepada anak-anak di bawah 2 tahun. Namun harus tetap dijaga keseimbangan gijinya. Sebab, di dunia ini tak ada makanan superlengkap," ujar doktor Nutrisi alumnus Oregon State University.

Selan itu teripang kaya akan kandungan tembaga. tembaga ini sangat baik dalam regenerasi sel-sel yang rusak sehingga kulit akan menjadi awet muda.

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers