Custom Search

Selasa, 24 Juli 2012

Penilaian Variets Ikan Nila Salin (Nila Srikandi)

Penilaian Variets Ikan Nila Salin (Nila Srikandi) 

Penyebaran ikan nila yang begitu cepat didukung dengan kecepatan reproduksi, menyebabkan perkembangan ikan ini tidak terkontrol. Dampak negatifnya adalah terjadinya perkawinan sedarah (inbreeding) yang menyebabkan menurunnya fenotif seperti pertumbuhan, kelangsungan hidup dan kelulushidupan serta meningkatnya jumlah individu yang abnormal.
Untuk mengatasi masalah penurunan kualitas ikan nila tersebut, berbagai upaya telah dilaksanakan, diantaranya dengan dibentuknya Broodstock Center yang memiliki tugas diantaranya adalah melakukan perbanyakan induk dasar dan induk pokok disamping itu dalam jangka panjang diharapkan terus melakukan perbaikan genetika induk melalui berbagai metode rekayasa genetika di beberapa sentra induk dengan sasaran akhir mendapatkan induk ikan nila unggul.
Balai Pengembangan dan Penelitian Budidaya Ikan Air Tawar (BPBIAT) Sukamandi telah melaksanakan kegiatan pemuliaan ikan Nila Salin dengan metode seleksi individu dan selanjutnya mengajukan permohonan untuk dilakukan penilaian terhadap jenis ikan Nila Sukamandi baru dengan kelas induk pokok (Parent Stock) yang layak untuk dilepas atau diperbanyak.
Berita Selengkapnya dapat di klik disini 

sumber :http://www.perbenihan-budidaya.kkp.go.id

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers