Custom Search

Sabtu, 01 Desember 2012

PEMELIHARAAN BENIH IKAN GURAME DI AKUARIUM SAMPAI UKURAN 8 - 15 cm

PEMELIHARAAN BENIH IKAN GURAME DI AKUARIUM SAMPAI UKURAN 8 - 15 cm

Ikan gurame merupakan jenis ikan air tawar yang banyak diminati untuk dijadikan konsumsi sebagai teman nasi. jenis ikan ini mempunyai ukuran tubuh yang besar dan mempunyai daging yang tebal, selain itu rasa dari daging gurame juga gurih dan nikmat. dengan kelebihan yang dimiliki ikan gurame, maka banyak orang yang berusaha untuk membudidayakannya. salah satu cara membudidayakan ikan ini yaitu memeliharanya di akuarium,

tentunya untuk memelihara ikan di akuarium tujuannya hanya untuk membesarkan ikan sampai dengan ukuran yang siap ditebar di kolam yang luas. padat tebar ikan di akuarium harus diperhatikan. karena akuarium umumnya mempunyai volume air yang sedikit maka jumlah ikan yang ditebarkannya juga terbatas.

Untuk ukuran ikan gurame seukuran 3-5 cm cukup 8 ekor saja pada akuarium yang berukuran 80 x 40 x 40 cm. dari 8 ekor ukuran 3-5 cm dapat tumbuh besar seukuran 8-15 cm dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan, lama nya pertumbuhan dipengaruhi oleh kualitas pakan dan air yang digunakan untuk memelihara benih ikan gurame.

fasilitas yang diperlukan untuk memelihara ikan gurame di akuarium adalah :
1. akuarium (80 x 40 x 40 cm)
2. aerator
3. heater

pakan yang dapat diberikan : cacing sutra, pelet halus/tepung,

pemeliharaan
- siapkan akuarium, isi akuarium dengan air sumur, diamkan air di dalam akuarium semalam,
- beri aerator pada air akuarium
- setelah itu tebarkan benih ikan gurame ukuran 3-5 cm sebanyak 8 ekor
- pakan diberikan pada ikan dengan menggunakan cacing, atau pelet halus,
- pakan diberikan secukupnya, diberikan 2 kali sehari.
- air pada akuarium dibuang/dikuras setiap seminggu sekali/5 hari sekali, setelah dipelihara selama kurang lebih 3 bulan (ukuran 8-15 cm) ikan gurame siap ditebar di kolam yang luas.

komentar-komentar

Recent Comments Widget by Blogger Widgets

Google+ Followers