Mengenal Riccia fluitans sebagai tanaman aquascape

Riccia fluitans merupakan jenis tanaman air yang termasuk kedalam Divisi Bryophyta, riccia fluitans sebagai tanaman air ini digunakan untuk menghiasi akuarium pada pemeliharaan ikan hias. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa tanaman air dipasang pada akuarium yaitu berfungsi untuk memperindah akuarium, membantu meningkatkan kadar oksigen dalam air akuarium dari hasil proses fotosintesa, menciptakan lingkungan akuarium sama dengan lingkungan di alam. 


Jenis-jenis tanaman air banyak ditemukan di alam baik itu termasuk kedalam divisi Bryophyta (liverworts and mosses), pteridophyte (Ferns and fern's allies)  dan magnoliophyte (Angiosperms and monocots)

Pada artikel ini saya akan membahas tanaman air yang termasuk kedalam divisi Bryophyta yaitu riccia fluitans.

riccia fluitans termasuk kedalam genus Riccia dan family Ricciaceae, genus ini ditemukan tersebar luas di seluruh dunia. Ada lebih dari 180 spesies yang termasuk kedalam genus ini. Riccia fluitans adalah jenis yang dibudidayakan di akuarium. Beberapa penghobi ikan mengklaim bahwa Riccia fluitans itu adalah spesies baru sementara yang lain mengklaim bahwa itu adalah mutan. 

Riccia secara normal memiliki kecenderungan kuat mengapung disepanjang permukaan air, Riccia ini juga dapat hidup dan tumbuh terendam di dalam air dengan menempelkannya pada batu dan kayu di akuarium. Tanaman air ini termasuk jenis tanaman yang memiliki pertumbuhan cepat dan dapat tumbuh dengan tinggi 2-5 cm dengan kebutuhan CO2 sedang. 

Riccia fluitans di akuarium pemeliharaan ikan dapat hidup pada kondisi air dengan pH 5,5 – 7,5 suhu air antara 20 – 30 derajat Celsius dengan tingkat pencahayaan yang tinggi. Riccia fluitans pada akuarium dapat dipasang atau dipelihara bersama jenis ikan hias aquascape seperti ikan neon tetra, guppy, molly, platy.  

Riccia fluitans awalnya dipopulerkan oleh Takashi Amano sebagai tanaman aquascape. Sebagai penghobi ikan terutama penghobi ikan hias aquascape, maka tidak salahnya pada akuarium pemeliharaan ikan hias ditambahkan tanaman air berupa Riccia fluitans ini disamping jenis tanaman air lainnya. 

Penjelasan di atas mungkin terdapat banyak kekurangannya dan sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Cara Memelihara Ikan Discus di Akuarium

3 Jenis Ikan Cupang dan Namanya