Cara Memelihara Ikan Discus di Akuarium

Melihat kumpulan ikan discus yang berwarna-warni dan sehat serta berenang di akuarium adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun, jika ikan discus Anda sakit, maka akan semakin merepotkan dan membuat stres. Berikut tujuh cara melakukan pemeliharaan ikan discus di akuarium.

1. Memilih jenis ikan hias lain yang Cocok untuk Ikan Diskus Anda

Jika Anda tertarik untuk menggabungkan berbagai jenis ikan dengan ikan discus Anda di akuarium. Anda harus memilih ikan yang sesuai dengan ikan discus Anda. Beberapa spesies ikan seperti ancistrus, clown loach, corydoras catfish, German blue rams, glowlight tetras, rosy tetras, dan rummy nose tetras bisa menjadi alternatif pasangannya.


2. Membersihkan Tangki Akuarium.

Menjaga kebersihan akuarium adalah salah satu cara terbaik untuk memelihara ikan discus di akuarium. Ikan discus adalah ikan sensitif yang membutuhkan perawatan lebih baik. Anda harus mengganti tangki dengan air tawar. Selain itu, Anda juga harus menjaga ketinggian air. Air yang direkomendasikan untuk ikan discus adalah air dengan pH konstan 6,5 hingga 7.

3. Mengatur Suhu Air Aquarium

Anda juga perlu mengatur suhu air akuarium. Suhu air yang dibutuhkan ikan discus sekitar 29 sampai 30 derajat Celcius (84 sampai 86 derajat Fahrenheit).

4. Karantina Ikan Baru

Anda perlu mengkarantina ikan baru sebelum memasukkannya ke dalam akuarium. Karantina ikan baru bertujuan untuk menghindari parasit, bakteri, atau penyakit yang dapat menular ke ikan discus. Karantina ikan baru Anda selama sekitar dua hingga tiga minggu sampai ikan tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

5. Memilih Makanan yang Tepat

Memilih makanan yang tepat sangat penting. Udang air asin, cacing darah, daphnia, dan cacing adalah makanan yang baik untuk ikan discus. Namun, waspadalah terhadap makanannya. Ini dapat menyebarkan bakteri dan parasit.

6. Menempatkan Filter yang Baik

Memiliki filter yang baik di dalam tangki juga diperlukan. Fungsi filter adalah untuk menghilangkan klorin dan logam berat. Namun, pastikan filter tidak mempengaruhi tingkat pH air.

7. Menempatkan Akuarium di Lokasi Yang Baik

Letakkan akuarium di tempat yang tenang. Lokasi akuarium sebaiknya tenang. Ikan discus akan lebih stress jika terlalu sering terkena kebisingan.

Cara-cara berikut ini patut dicoba untuk mempertahankan kehidupan ikan discus. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

3 Jenis Ikan Cupang dan Namanya