SISTEM AGRIBISNIS BUDIDAYA LELE KOLAM TERPAL DAN KOLAM TANAH

SISTEM  AGRIBISNIS  BUDIDAYA  LELE KOLAM  TERPAL  DAN  KOLAM  TANAH

Disusun oleh :
Kelompok I
Susan Anggraeni
Nisha Dewinta
Henry Safari
Dofi Nurlia
Ade Kurniasih
Magister Ekonomi Pertanian (Agribisnis)
Universitas Siliwangi


AGRIBISNIS :
Bisnis yang berbasis pertanian dan dilaksanakan secara terpadu dari hulu sampai hilir sesuai dengan sistem input, produksi dan keluaran/output
Sub Sistem Agribisnis :
  1. Sub Sistem Input
  2. Sub Sistem Produksi
  3. Sub Sistem Agroindustri
  4. Sub Sistem Pemasaran
  5. Sub Sistem Jasa dan Penunjang

MENGAPA BUDIDAYA ?
A.  DI SAAT PERIKANAN TANGKAP SUDAH TIDAK
      LAGI MENJANJIKAN :
           - PENGRUSAKAN LINGKUNGAN
           - OVER FISHING
B.  BERALIHNYA POLA KONSUMSI MASYARAKAT      
      DUNIA ;
           - RED MEAT  - WHITE MEAT
           - PEOPLE OF THE RUN (DINAMIS)
C.  MENYEDIAKAN LAPANGAN KERJA
D.  MENYERAP TENAGA KERJA

MENGAPA BUDIDAYA LELE ?
KEUNGGULAN  LELE :
        PERTUMBUHAN SANGAT CEPAT
   (1,5-3 Bulan Siap Panen)
        JENIS IKAN AIR TAWAR YANG MENYUKAI AIR TENANG
        DAPAT BERTAHAN HIDUP PADA KONDISI “MINIM”
        SIFATNYA “RAKUS” SEHINGGA DAPAT     
   MENGKONSUMSI PAKAN ALTERNATIF
        HASIL OLAHANNYA GURIH SEHINGGA DIMINATI    
   BANYAK ORANG
        PROSPEK USAHA MASIH SANGAT BAIK
        DAPAT DIUSAHAKAN PADA BERBAGAI
   SUB SISTEM AGRIBISNIS

KOLAM TERPAL
PERTAMA KALI DIPERKENALKAN OLEH :
BAPAK MUJAROB  DI KABUPATEN BEKASI
TAHUN 1999
KEUNTUNGAN KOLAM TERPAL :
  1. IKAN LEBIH AMAN DARI PEMANGSA LIAR
  2. LELE TAMPAK LEBIH BERSIH DAN BERKUALITAS
  3. BIAYA YANG DIBUTUHKAN LEBIH RINGAN DARIPADA KOLAM  TANAH/BETON
  4. LEBIH MUDAH DALAM PEMELIHARAAN / PERAWATAN

  



A.  SUB  SISTEM  INPUT
URAIAN
KOLAM  TERPAL
KOLAM  TANAH
MESIN  POMPA
V
-
BENIH
V
V
PUPUK
V
V
PAKAN
V
V
OBAT
V
V
LAHAN
-
V


B.  SUB  SISTEM  PRODUKSI
URAIAN
KOLAM  TERPAL
KOLAM  TANAH
PROSES BUDIDAYA
     a. Pembenihan
V
V
     b. Pembesaran
V
V


Pada umumnya pertumbuhan lele di kolam terpal lebih lambat daripada
di kolam tanah (4-5 hari lebih lambat), karena tidak mampu menyediakan pakan alami.







C.  SUB  SISTEM   AGROINDUSTRI
URAIAN
KOLAM  TERPAL
KOLAM  TANAH
PENGOLAHAN
   1. Tepung Ikan
V
V
   2. Abon Lele
V
V
   3. Lele Crispy
V
V
   4. Nugget Lele
V
V
   5. Bakso Lele
V
V


D.  SUB  SISTEM  PEMASARAN
URAIAN
KOLAM  TERPAL
KOLAM  TANAH
PEMASARAN
   1. Lokal
V
V
   2. Ekspor
V
V













E.  SUB  SISTEM  JASA  DAN  PENUNJANG
URAIAN
KOLAM  TERPAL
KOLAM  TANAH
Modal
   1.  Koperasi
V
V



   2.  Perbankan
V
V
Teknologi
   1. Benih Unggul
V
V
   2. Pakan
V
V
   3. Balai Litbang
V
V
Kebijakan Pemerintah
   1. RTM (rumah tangga miskin)
V
V
   2. Lintas Sektor
V
V
PERMASALAHAN BUDIDAYA IKAN LELE
  1. KONTINUITAS PRODUKSI
  2. FLUKTUASI  HARGA
  3. HAMA DAN PENYAKIT IKAN
  4. TINGGINYA HARGA PAKAN
  5. KETIDAKPASTIAN PASAR




SOLUSI
  1. MEMBENTUK ASOSIASI PEMBUDIDAYA LELE
  2. MENINGKATKAN RISET PADA SEMUA
      SUB SISTEM AGRIBISNIS BUDIDAYA
      IKAN LELE
  1. MENERAPKAN CARA BUDIDAYA IKAN 
 YANG BAIK (CBIB) DAN SNI   BUDIDAYA IKAN LELE


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Kriteria Kualitas Air dalam budidaya ikan Patin

Mengenal Riccia fluitans sebagai tanaman aquascape