Infectious Pancreatic Necrosis (IPN)


Infectious Pancreatic Necrosis (IPN)

Penyakit ikan IPN merupakan penyakit viral yang parah dan penyakit ini bersipat  menular.Untuk  Pertama kali virus IPN ini ditemukan di Perancis dan Denmark pada tahun 1965. Virus IPN ini dapat diidentifikasi pada tahun 1968 secara virologik. Virus IPN dapat menyerang ikan laut, ikan air tawar dan Shelfish laut. Penyakit ini merupakan penyakit endemic pada lokasi perikanan trout di Inggris, Amerika Utara, Skandinavia dan Jepang.

Biasanya penyakit ini menyerang ikan Salmon. Bila ikan Salmon yang muda sembuh yang tahan terhadap penyakit (Survivor) tetapi ikan salmon muda dapat  membawa infeksi (Carrier) seumur hidup.


Selain Salmon IPN juga dapat menyerang ikan Mas (Cyprinus carpio), diskus (Symphysodon discus), dan Sidat (Anguilla anguila dan A.Japonica)  penyakit ikan ini  sering disebut sebagai eel virus European (EV E).

Karena masa inkubasi penyakit ini hanya 3-5 hari maka penyakit ini dapat digolongkan pada penyakit yang berbahaya. Lama nya masa inkubasi dipengaruhi oleh umur inang, suhu rendah dan jenis ikan.

Tanda-tanda serangan virus IPN:

-          hati dan limpa pucat dan membesar

-          tidak terdapat makanan dalam perut dan usus biasanya mengandung eksudat mucoid yang kekuningan atau keputihan.

-          Kematian massal terutama ikan muda

-          Warna menjadi gelap pada tubuh ikan

-          Bergerak berputar-putar

-          Exophthalmos

-          Perut membesar dan terdapat cairan visceral,

-          perdarahan di daerah bawah perut/ventral termasuk pada sirip

Penularan penyakit virus ini dapat secara vertical ataupun horizontal.

- vertical melalui telur yang terinfeksi virus

- horizontal melalui air, urin, feses, sekresi seksual atau melalui ikan yang telah mati/sakit yang dimakan oleh ikan lain.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Kriteria Kualitas Air dalam budidaya ikan Patin

Mengenal Riccia fluitans sebagai tanaman aquascape