Jenis Jenis ikan Lele

LELE


Lele merupakan ikan air tawar, umumnya di luar ikan lele disebut juga ikan kucing (catfish) karena mempunyai sungut atau kumis. Beberapa spesies lele yang ada  diantaranya yaitu Clarias batrachus, C.leiacanthus, C.meladerma, C.nieuhofi, C.teijsmani, dan C.gariepinus.  Species C.gariepinus atau dikenal sebagai lele dumbo.

Klasifikasi Ikan Lele
Filum : Chordata
Kelas : Osteichthyes
Sub Kelas : Actinopterygii
Ordo : Siluriformes
Famili : Clariidae
Genus :Clarias
Spesies : Clarias batrachus,. C.meladerma, C.gariepinus



Jenis-jenis ikan lele :                                    
 1. Lele Lokal, C.batrachus. merupakan lele asli di Perairan Umum Indonesia. Daging lele lokal sangat gurih dan renyah karena tidak mengandung banyak lemak.  Lele lokal mulai dibudidayakan sejak tahun 1975.
2. Lele Keli, C.meladerma. merupakan salah satu lele lokal. Lele keli mulai dibudidayakan sejak tahun 1987.
3. Lele Dumbo, C.gariepinus, adalah ikan introduksi yang didatangkan ke Indonesia tahun 1985. Lele Dumbo Merupakan Lele hibrida dari hasil persilangan lele lokal afrika spesies C.mossambicus dan lele lokal Taiwan spesies C.fuscus.​
4. Lele  Sangkuriang, C.gariepinus var adalah salah satu varietas unggul yang dihasilkan oleh peneiti di tanah air. Lele ini merupakan hasil perbaikan genetik lele yang dilakukan oleh BPBAT sukabumi dengan melakukan silang balik (backcross) terhadap induk lele dumbo yang ada di Indonesia.
5. Lele Phiton, C.gariepinus var. ​Lele ini dihasilkan kelompok Sinar Kehidupan Abadi (SKA). Kelompok pembudidaya lele Bayumundu. Pandeglang Banten. Lele ini merupakan hasil silang antara lele dumbo asal Thailand dan lele dumbo asal Afrika yang ada di Indonesia. Lele phiton bermulut kecil. kumis/sungut panjang, serta mempunyai punuk di kepala.

Standar Kualitas Air untuk budidaya Lele
Suhu : 25 -30 derajat celcius
pH : 6-8,5
Oksigen Terlarut : 3-7 mg/l
Karbondioksida : < 5 mg/l
Amonia : < 0,016 Mg/l
Nitrit : < 0,016 mg/l
Kecerahan : 10-40 cm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Kriteria Kualitas Air dalam budidaya ikan Patin

Mengenal Riccia fluitans sebagai tanaman aquascape