Penyakit ikan DROPSI


Dropsi

Penyakit ikan Dropsi adalah penyakit ikan yang disebabkan dari infeksi virus, bakteri aeromonas, myobakteri, atau internal parasite yang bersifat pathogen seperti Hexamita atau Mitasproa cyprinid.

Penyakit ini terjadi akibat ikan secara sengaja ataupun tidak sengaja  memakan kotoran ikan lain yang terkontaminasi pathogen atau akibat dari sipat kanibalisme terhadap ikan lain yang terinfeksi.

Akumulasi nitrogen yang terjadi pada kolam dapat memicu terjadinya gejala dropsi. Di alam secara alamiah organisme penyebab dropsi dapat hidup dalam jumlah terkendali. Organisme ini akan menjadi pathogen  apabila pada ikan terjadi Osmoregulasi yaitu menurunnya kondisi kualitas air, fungsi kekebalan pada tubuh kan menurun, factor keturunan/genetic.


Ciri-ciri gejala dropsi

-          Ikan susah untuk membuang kotoran

-          Dan terjadi pembengkakan pada rongga tubuh ikan.

-          Pembengkakan pada tubuh ikan terjadi akibat berakumulasinya cairan atau lendir dalam rongga tubuh.

-          Ikan kurang lincah dan cenderung berdiam diri.

-          Terjadinya gangguan pernapasan

-          Warna kulit menjadi pucat kemerahan

Pencegahan

-          Menjaga kondisi media budidaya

-          Sebisa mungkin hindari ikan stress

-          Ikan yang sakit harus segera dikarantina

-          Buang segera ikan yang telah mati

-          Diusahakan jangan menambah ikan ke media budidaya yang tercemar dropsi atau memindahkan ke kolam lain yang berisi ikan yang sehat.

Osmoregulasi dan stress pada ikan yang terserang dropsi dapat dipertahankan dengan menambahkan satu sendok teh (20 g) garam pada setiap 100 liter air akuarium karantina.  Melakukan pemberian aerasi secara terus menerus dan jangan memberikan arang aktif.  Masukan satu dosis Nalagram dan biarkan selama 48 jam. Ulangi sekali lagi kemudian selanjutnya lakukan pergantian air akuarium karantina sebanyak 25%.



Pengobatan :

-          Perendaman secara kontinu dalam larutan antibakteri internal.

-          Apabila ikan masih mempunyai nafsu makan, pengobatan dapat dilakukan menggunakan pakan yang telah dicampur antibiotik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Kriteria Kualitas Air dalam budidaya ikan Patin

Mengenal Riccia fluitans sebagai tanaman aquascape