Hama Ikan (Yuyu / Kepiting)

HAMA IKAN

Predator/pemangsa
Hama adalah organisme yang dapat menimbulkan ganguan pada ikan budidaya secara langsung maupun tidak langsung.

Yuyu atau Kepiting
A.  Karakteristik  :
-    Yuyu (ketam, Saesarma spp.) dan/atau kepiting merupakan predator pada kolam pembenihan dan pendederan ikan, terutama pada usaha budidaya ikan air di perairan tawar. Jenis kepiting yang paling merugikan adalah kepiting sawah Paratelphusa convexa dan kepiting sungai Paratelphusa tridentata.
-    Yuyu dan/atau kepiting memangsa benih ikan  dengan cara menangkap benih  ikan dengan menggunakan dua capitnya.

B.  Pengendalian
-              Perencanaan pembangunan kolam budidaya harus memperhatikan kemungkinan adanya populasi yuyu dan/atau kepiting. Jika 
di daerah yang akan dibangun kolam tersebut memiliki populasi yuyu dan/atau kepiting dalam jumlah besar, maka dari awal sudah direncanakan untuk pembangunan kolam dari bahan tembok atau beton.
-   Yuyu dan/atau kepiting yang ada pada kolam  dapat diikendalikan dengan cara memberantas secara langsung, yakni dengan cara menangkap dan membunuh di luar dan di lubang-lubang pematang dengan menggali lubang dan yang tertangkap langsung dimatikan. Bekas lubang ditimbun dengan tanah atau batu sehingga padat dan rapi kembali.
-  Menaburkan sekam padi ke dalam lubang-lubang yuyu dan/atau kepiting agar keluar dan pindah ke tempat lain.

-  Insektisida dengan bahan aktif temephos dengan dosis 1-2 ppm (1-2 mg/liter) dapat digunakan untuk memberantas yuyu / kepiting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Kriteria Kualitas Air dalam budidaya ikan Patin

Mengenal Riccia fluitans sebagai tanaman aquascape