Budidaya Ikan Serpae Tetra

Serpae Tetra (Hyphessobrycon callistus) merupakan jenis ikan hias yang berasal dari negara Paraguay, Amerika Selatan. Ikan ini bersipat Omnivora. Panjang tubuh ikan mencapai ukuran sekitar 4 cm. Ikan ini hidup berkelompok.

Ciri dari hewan ini yaitu tubuhnya berwarna merah sedikit kecoklatan, pada bagian sirip punggungnya berwarna hitam dan sirip lainnya merah bergaris luar hitam.

Tempat pemijahan ini sebaiknya pada lingkungan yang teduh atau sedikit gelap agar telur tidak dimakan oleh induknya. tetapi lingkungan jangan terlalu gelap harus ada sedikit cahaya yang masuk terutama pada pagi hari.

Kedalaman air 15 cm, pH 6- 6,5, Kekerasan 4 - 7 derajat dH, suhu 26 - 28 derajat celcius,

pada kolam Pemijahan induk dapat ditampung sekitar 500 ekor dengan perbandingan antara jantan dan betina 1 : 3-4. Selama pemeliharaan induk diberi pakan berupa kutu air. pada kolam pemijahan perlu disediakan substrat untuk menempelkan telur seperti eceng gondok.

Bila induk sudah memijah substrat yang berisi telur ikan bisa dipindahkan ke tempat lain untuk ditetaskan. telur - telur ikan akan menetas setelah 24 jam. pakan diberikan setelah benih ikan berumur 2 - 3 hari dan larva dapat diberi pakan berupa rotifera, artemia, dan kutu air saring.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Kriteria Kualitas Air dalam budidaya ikan Patin

Mengenal Riccia fluitans sebagai tanaman aquascape