Cara sederhana memijahkan ikan guppy

Ikan Guppy awalnya berasal dari timur laut Amerika Selatan, tetapi sekarang ikan ini ditemukan di seluruh dunia kecuali Antartika. Ikan Guppy memiliki tubuh berwarna -warni yang dihiasi dengan bintik -bintik dan garis -garis. Itulah sebabnya juga terkenal sebagai Rainbow Fish. Karena penampilannya yang indah, kebanyakan orang suka memasukkannya ke dalam akuarium sebagai ikan hias.


Memelihara beberapa ikan Guppy di akuarium tidak seindah atau sebagus dengan memelihara ikan Guppy dalam Jumlah yang banyak. Mengapa tidak membiakkan nya ? 

Memijahkan  ikan guppy sangat mudah dan sederhana. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memijahkan ikan Guppy.

1. Pemilihan induk Ikan Guppy

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih ikan guppy jantan dan ikan guppy betina.  Ikan Guppy jantan biasanya lebih kecil dan memiliki warna yang lebih cerah daripada ikan Guppy betina. Namun, jika Anda ingin menghasilkan ikan guppy dengan berbagai warna, pilih ikan guppy jantan dan betina yang memiliki warna yang berbeda.

2. Siapkan tangki air.

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tempat berkembang biak. Untuk langkah ini, Anda dapat memilih akuarium atau bahkan ember. Besar media tergantung pada berapa banyak ikan Guppy yang ingin Anda pijahkan. Ikan Guppy adalah jenis ikan yang bisa berkembang biak secara massal.

Namun demikian, Anda tidak dapat mengisi akuarium dengan guppy tanpa estimasi. Satu akuarium dalam ukuran 1 x 0,5 m sangat ideal untuk menempatkan 30 guppy. Jangan lupa untuk juga sediakan lumut. 

3. Pisahkan induk guppy jantan dan betina 

Sebelum membiakkan ikan guppy,  Anda harus meletakkan guppy jantan dan betina di tempat yang berbeda. Beri makan dan ganti air secara teratur.

4. Masukkan ikan guppy ke dalam tangki

Masukan ikan guppy betina ke dalam tangki di pagi hari dan kemudian masukan ikan guppy jantan di sore harinya. Perbandingan antara ikan jantan dan betina adalah 1 : 2. Satu jantan untuk dua guppy betina. Biarkan induk ikan di tangki yang sama selama 4-7 hari untuk proses pemijahan.

5. Ambil induk ikan jantan dari tangki

Setelah proses pemijahan, Anda dapat mengambil ikan guppy jantan dan membiarkan ikan guppy betina bertelur dalam 21-31 hari.

6. Pisahkan induk dari anaknya

Setelah bertelur, ambil ikan guppy betina dan pelihara benih ikan guppy dengan memberi makan mereka secara teratur.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Kriteria Kualitas Air dalam budidaya ikan Patin

Mengenal Riccia fluitans sebagai tanaman aquascape